Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning ASEAN Community, 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui – Heri Akhmadi

ASEAN Community, 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Tulisan saya mengenai ASEAN Community, 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui ini sengaja saya buat untuk menyambut berlakunya “ASEAN COMMUNITY 2015” yang efektif berlaku pada 31 Desember 2015 yang lalu. Jadi, hari ini adalah tepat 4 (empat) hari berlakunya Masyarakat ASEAN yang artinya resmi sudah ASEAN menjadi satu kesatuan social politik, ekonomi dan budaya.

Satu pertanyaan yang sering didengungkan adalah sudahkah kita siap menghadapinya?. Tentu ini pertanyaan yang sudah sangat terlambat. Barangkali itu pertanyaan 5 atau 10 tahun yang lalu. Hanya saja jangankan kesiapan, barangkali kita (atau saya tepatnya…hehe) malah belum tahu apa itu ASEAN Community dengan segala konsekwensinya. Berikut ini saya coba rangkumkan ASEAN Community, 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui:

Pertama, ASEAN Community atau ASEAN Economic Community?

Istilah ASEAN Community atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Komunitas ASEAN, di masyarakat kita kadang direduksi hanya sebagai ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Ini tentu tidak sepenuhnya salah, meski juga tidak 100 persen benar. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) hanyalah salah satu pilar dari 3 (tiga) pilar dalam ASEAN Community yang meliputi Political-Security Community (Komunitas Politik dan Keamanan), Economic Community (Masyarakat Ekonomi ASEAN), and Socio-Cultural Community (Komunitas Sosial dan Budaya ASEAN).

www.rmutt.ac.th.jpg
3 Pilar ASEAN Community (Pict.by rmutt.ac.th)

Kedua, Apa Yang Hendak Dicapai Dengan ASEAN Community?

Menurut laman resmi Sekretariat ASEAN (www.asean.org), tujuan dibentuknya ASEAN Community adalah untuk memastikan tercapainya tujuan para pendiri ASEAN yaitu peningkatan taraf hidup rakyat ASEAN yang tercermin dari perkembangan social ekonomi ASEAN, terciptanya perdamaian dan keamanan di ASEAN dan meningkatnya standar kehidupan penduduk ASEAN.

Ketiga, Apa Arti ASEAN Economic Community?

Sebagaimana saya sebutkan sebelumnya, ASEAN Economic Community (AEC) merupakan pilar paling populer diantara 3 (tiga) pilar dalam ASEAN Community. Barangkali karena ada unsur “ekonomi” sehingga lebih menarik pembicaraan…hehe. Btw, seperti apa sebenarnya ASEAN setelah menjadi satu komunitas ekonomi?. ASEAN sebagai satu kesatuan ekonomi berarti bahwa ASEAN merupakan satu kesatuan pasar (market) dan satu kesatuan basis produksi sehingga akan terjadi arus barang, jasa, investasi/modal dan tenaga kerja secara bebas (free) diantara negara anggota. Arti gampangnya anda bisa menjual/membeli barang atau jasa dari sesama negara ASEAN tanpa biaya tambahan. Demikian juga anda bisa bekerja dimana saja di negara ASEAN, tentu asal memenuhi standar ASEAN.

www.asean.org -AEC.jpg
Tujuan ASEAN Economic Community (pict.by asean.org)

Keempat, Ada 8 Profesi Yang Bebas Bersaing di ASEAN?

Salah satu konsekwensi dari diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah adanya free flow of skilled labor atau pasar bebas tenaga kerja terampil. Hal ini sebagaimana tertuang dalam ASEAN Mutual Recognition Arrangement (MRA) dimana ada 8 (delapan) profesi yang terimbas pasar bebas. Kedelapan profesi itu ialah, insinyur atau di Indonesia adalah sarjana teknik, arsitek, tenaga medis, dokter gigi, perawat, akuntan, tenaga survey dan praktisi pariwisata. Bagi anda yang berprofesi di 8 profesi itu, siap-siap aj ya…hehe. Tentu profesi lain peru siap-siap juga, karena cepat atau lambat pasti akan merambah ke semua profesi.

Kelima, Populasi ASEAN Merupakan Terbesar Ketiga Di Dunia

Ketika ASEAN menjadi satu komunitas, populasi ASEAN sekitar 600 juta orang (data ADB, 2015) merupakan populasi terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Lebih besar dari pada Uni Eropa ataupun Amerika Utara. Hal ini merupakan pasar yang besar baik bagi barang dan jasa maupun tenaga kerja.

www.bizh2o.com - AEC.png
Fakta Ekonomi ASEAN (pict.by www.bizh2o.com)

Keenam, Kekuatan Ekonomi ASEAN

China saat ini merupakan kekuatan ekonomi terbesar diantara negara berkembang (emerging market) dan kedua di dunia, namun ASEAN dengan GDP of $ 2.4 trilliun (ADB, 2013) diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke empat di dunia. Pertumbuhan ekonomi ASEAN (real GDP) adalah yang tertinggi ketiga di dunia setelah China dan India yaitu sebesar 5,1% rata-rata per tahun dari tahun 2000-2013 (www.mckensey.com).

Ketujuh, Negara mana yang paling siap?

Dengan berlakunya ASEAN Community, artinya secara social ekonomi dan budaya akan terjadi “tarik-menarik” kalo tidak dikatakan persaingan bebas diantara 10 (sepuluh) negara angota ASEAN. Tentu yang namanya bersaing akan ada yang “menang” dan yang “kalah”. Atau dalam bahasa yang lebih halus, ada yang mendapatkan keuntungan paling banyak dan sebaliknya ada negara yang hanya mendapat sedikit manfaat dari terbentuknya ASEAN Community. Negara yang paling siaplah yang akan mendapatkan manfaat lebih dari berlakunya ASEAN Community.

Menurut beberapa sumber yang saya baca dan berdasarkan pengalaman saya mengunjungi beberapa negara ASEAN (belum semua sii…), Thailand, Singapura dan Vietnam merupakan negara yang paling gencar mempromosikan dan mensosialisasikan tentang ASEAN Community. Meski kekhawatiran akan kesiapan juga banyak disampaikan warganya. Seperti halnya di Thailand, pengalaman 2 tahun saya di sana, terlihat sekali semangat dari pemerintah Thailand untuk menyambut datangnya ASEAN Community. Di setiap sudut perkantoran baik pemerintah ataupun swasta, kampus atau sekolah selalu ada selebaran spanduk atau pamphlet tentang ASEAN. Demikian juga Singapura yang pernah saya kunjungi, semarak menyambut ASEAN Community begitu terasa. Bagaimana dengan Indonesia?, anda paling tahu jawabannya.

Demikian tulisan saya tentang ASEAN Community, 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat dan membantu kesiapan kita menghadapi ASEAN Community, the community of opportunities. One vision, one identity, one community.

Selamat menjadi “warga negara” ASEAN.

References:

ASEAN Secretariat. 2015. Fact-Sheet-on-ASEAN-Community. Jakarta. www.asean.org

ADB.org. 2015. ASEAN Economic Community.

Gunawan Warsito. 2013. Pengertian-Komunitas-ASEAN-2015. Bangkok

Mc.Kensey.com. 2014. Understanding ASEAN

Stefie Teowira. 2015. 8 profesi yang akan bersaing di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). www.rapler.com

Uni Lubis. 2015. 5 hal yang perlu diketahui soal Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. www.rapler.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*