Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning ICT in Agriculture, Peran ICT di Bidang Pertanian – Blog Pak Her

ICT in Agriculture, Peran ICT di Bidang Pertanian

Photo credit by youtube.com

Oleh: Heri Akhmadi, S.P., M.A.

Topik mengenai “ICT in Agriculture, Peran ICT di Bidang Pertanian” ini merupakan bahan kuliah Manajemen Informasi Agribisnis (MIA) Prodi Agribisnis UMY pada pertemuan keempat. Adapun topik sebelumnya mengenai “E commerce, Pasar Digital Barang Digital” bisa dilihat disini). Sacara umum materi ini berbicara mengenai peran teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di dunia pertanian. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami peran penting teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di dunia pertanian dan mempunyai gambaran mengenai penerapan teknologi ini dalam meningkatakan produktifitas, efisiensi dan efektifitas kegiatan pertanian.

Pengertian dunia pertanian di sini tentunya mengacu pada konsep atau sistem agribisnis. Pemahaman mengenai konsep/sistem agribisnis menjadi penting agar dapat secara komprehensif dalam memahami aplikasi teknologi informasi di seluruh subsistem agribisnis. Oleh karena itu, penerapan ICT yang dimaksud di sini tidak hanya mencakup pertanian dalam konteks budidaya, namun ke semua sektor di bidang agribisnis, mulai dari sektor sarana produksi, produksi maupun pasca produksi dan jasa penunjang.

Itulah pengantar singkat dari topik kuliah “ICT in Agriculture, Peran ICT di Dunia Pertanian”. Adapun mengenai materi kuliah (PPT) ini bisa didownload disini.

TUGAS (Pribadi):

  • Buat rangkuman tentang praktek ICT di berbagai sektor pertanian sebagaimana tertulis di buku “ICT in Agriculture” by World Bank. Bahan bacaan bisa didownload disini.
  • Pembagian halaman sesuai pembagian kelompok di kelas.
  • Tiap anggota kelompok memilih satu topik aplikasi ICT yang diterapkan. Tiap mahasiswa tidak boleh sama topiknya.
  • Ditulis tangan di kertas folio garis
  • Deadline, 30 Maret 2018

TUGAS (Kelompok):

  • Buat bahan presentasi dari rangkuman tentang ICT di berbagai sektor pertanian sebagaimana di tugas 1
  • Satu kelompok cukup membuat 1 bahan presentasi sesuai topik masing-masing.
  • Presentasi mulai, 30 Maret 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*