Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Konsep dan Aktualisasi Ihsan Dalam Al Quran dan Sunnah – Blog Pak Heri

Konsep dan Aktualisasi Ihsan Dalam Al Quran dan Sunnah

Photo credit amazon.co.uk

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Tulisan mengenai “Konsep dan Aktualisasi Ihsan Dalam Al Quran dan Sunnah” ini adalah materi yang sama dapatkan pada kegiatan Refreshing AIK dan Kemuhammadiyahan untuk dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 2018. Materi ini adalah catatan saya dari materi yang diberikan oleh beberapa pembicara, antara lain Dr. H. Abdul Mu’ti (Sekretaris PP Muhammadiyah, Dosen UIN Jakarta), Dr. H. Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i, (wakil ketua PWM Jawa Tengah, dosen UIN Walisongo Semarang).

Pengertian Ihsan

Ihsan berasal dari kata husn yang berarti “segala sesuatu yang menggembirakan dan disenangi”. Lalu “ihsan” juga berarti “memberi nikmat kepada orang lain”. Kata ihsan melebihi kata “adil” yang memperlakukan orang lain sebagaimana orang lain memperlakukan. Sedangkan ihsan memberi lebih banyak daripada yang diberikan orang lain.

Ihsan merupakan refleksi dari ketakwaan seseorang, sebagaimana disebut dalam Al Quran surat Ali Imron 133-134

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (١٣٣)

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (١٣٤)

133. Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa 134. (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang lain dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan

Posisi Ihsan

  • Lebih baik dari sekedar memenuhi kewajiban
  • Lebih baik dari sekedar memenuhi formalitas

Jadi ihsan, itu lebih dari sekedar adil. Adil adalah melakukan sesuai kewajiban dan mendapatkan sesuai aturan. Namun ihsan, melakukan melebihi kewajiban tanpa menuntut lebih haknya. Jadi kalau orang bekerja sesuai aturan berangkat jam8 pulang jam3 maka ia ADIL. Namun jika ia berangkat lebih awal, bersih-bersih ruangan, pulang lebih sore untuk membereskan pekerjaan biar lebih baik maka ia IHSAN. Namun jika minta uang lemburan, maka dia adil tapi belum tentu ihsan.

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran (QS. An Nahl 90)

Jadi ihsan merupakan kebaikan melimpah, bukan hanya berharap untuk kebaikan dirinya. Namun juga untuk kebaikan orang lain. Jadi, kalau orang beribadah mencium hajar aswad namun melalukan segala cara bahkan mengganggu orang lain, maka itu bukanlah ihsan.

Dimensi dan Prinsip Ihsan

  • IKHLAS, hanya meminta balasan Allah
  • STANDAR tinggi, ahsin kama ahsanallah
  • Penuh DEDIKASI, ahsanu ‘amala
  • INOVASI, persisten menjadi lebih baik

Aktualisasi Ihsan

Dalam mu’amalah sesama manusia

  • Berbuat baik melampau kebaiakan yang diterima
  • Melakukan pekerjaan melampaui tuntutan sebenarnya
  • Melakukan kewajiban melebihi tuntunan tetapi tidak mesti mengambil semua haknya

Di dalam Al quran ada orang sholih dan muslih. Sholih adalah orang yang baik tapi untuk dirinya sendiri, sedangkan muslih adalah orang baik yang mengajak orang lain berbuat baik. Jadi muslih dekat pengertiannya dengan da’i, orang yang berdakwah. Namun dakwah disini tidak hanya menyampaikan sesuatu (tabligh) kebaikan, tapi juga memberikan contoh seseorang hingga mendapat hidayah dari orang lain.

Dalam mu’amalah maliyah

  • Bersikap baik dalam transaksi bukan semata mencari kepuasan, misal dalam menawar barang

Balasan Ihsan

  • Melakukan ihsan pada dasarnya ihsan pada diri sendiri (QS. Al Isro 77), tidak ada hitung-hitungan matematika dalam hal ihsan.
  • Perbuatan baik akan kembali ke pelakunya secara langsung. In ahsantum, ahsantum lianfusikum.
  • Balasan ihsan adalah ihsan dari Allah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*