Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Magang Internasional di Khon Kaen University Thailand – Blog Pak Heri

Magang Internasional di Khon Kaen University Thailand

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Tulisan mengenai “Magang Internasional di Khon Kaen University Thailand” merupakan catatan dari kegiatan pendampingan magang internasional di Khon Kaen University¬†Thailand pada bulan November tahun 2017. Sebagian besar program magang ini dilaksanakan di Khon Kaen University. Namun demikian ada juga beberapa kegiatan lainnya yang melibatkan perusahaan/kegiatan usaha agribisnis dilaksanakan di beberapa tempat di sekitar wilayah Provinsi Khon Kaen, wilayah utara-timur (North-East) dari Thailand atau yang dikenal dengan derah Isaan.

Penyerahan Mahasiswa Magang Bersama Vice Dean on International Relation Khon Kaen University

Program magang internasional ini secara umum terdiri dari kegiatan pokok dan kegiatan tambahan. Adapun untuk kegiatan pokok meliputi 3 kegiatan utama yaitu:

1.Kuliah mengenai Pertanian di Thailand

Ini merupakan kegiatan dalam rangka mengenalkan praktek pertanian di Thailand dan praktek pengajaran di Khon Kaen University. Para pengajar merupakan dosen dan profesor dari jurusan Ekonomi Pertanian Khon Kaen University. Melalui program ini mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana Thailand mengelola pertaniannya, mulai dari produksi hingga pemasaran.

Kegiatan Kuliah di Khon Kaen Unversity

Beberapa materi kuliah yang diajarkan antara lain:

  • Sistem agribisnis di Thailand
  • Pertanian tanaman pangan di Thailand bagian utara
  • Perdagangan internasional produk pertanian Thailand
  • Pemasaran produk peternakan serangga
  • Agribisnis Cabe di Thailand
  • Kebijakan Pertanian di Thailand

Untuk melengkapi kegiatan perkuliahan, mahasiswa juga mendapat tugas dari mata kuliah yang telah mereka peroleh. Diantaranya yaitu membuat rencana usaha agribisnis di masa depan terutama setelah lulus kuliah.

 

2.Kunjungan ke Petani, Koperasi, Pasar dan Proyek Pertanian

Kegiatan berikutnya adalah kunjungan ke beberapa tempat yang berkaitan dengan proyek pertanian, pemasaran produk pertanian dan juga kegiatan agribisnis yang dilakukan petani di Khon Kaen. Mulai dari kunjungan ke koperasi susu, peternak jangkrik, toko/pasar penjualan produk olahan serangga, pasar produk pertanian. Dan termasuk disini adalah mengikuti kegiatan panen padi yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Khon Kaen University.

Kunjungan Ke King Project di bidang Perikanan

 

Kunjungan ke Khon Kaen Diary Farm

 

Kunjungan ke Pasar Sayuran Organik

3.Presentasi hasil Magang

Presentasi Hasil Magang di Depan Dosen Pembimbing

Setelah menyelesaiakan kegiatan magang selama satu bulan, selanjutnya mahasiswa mempresentasikan hasil kegiatannya di hadapan dosen pembimbing. Dari semua kegiatan magang yang diikuti, setiap mahasiswa memilih topik khusus yang akan didalami. Pendalaman materi dari setiap topik yang diambil meliputi studi komparasi dengan yang terjadi di Indonesia. Sehingga bisa digambarkan kondisi masing-masing negara pada topik tersebut dan bisa diambil pelajaran dari masing-masing topik yang diambil.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*