Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Manajemen Informasi Agribisnis (Pengantar) – 1st Lecture MIA 2017 – Heri Akhmadi

Manajemen Informasi Agribisnis (Pengantar) – 1st Lecture MIA 2017

Pict by PrecisionAg.com

Oleh: Heri Akhmadi, S.P., M.A.

Pada semester Genap 2016/2017 ini, selain mengajar mata kuliah lain saya diamanahi oleh Prodi Agribisnis UMY untuk mengajar (bersama tim) mata kuliah Manajemen Informasi Agribisnis (MIA). Ini merupakan mata kuliah 3 SKS (Satuan Kredit Semester), tepatnya dengan formasi 2/1 yaitu 2 SKS kuliah dan 1 SKS praktikum.

Jujur pada awalnya saya cukup “terpesona” dengan mata kuliah ini. Pertama ini mata kuliah yang relative baru di bidang studi agribisnis. Sepanjang pengamatan saya (menurut “survey kilat” dengan beberapa kolega lulusan agribisnis dari beberapa kampus ternama di Indonesia) belum banyak Prodi Agribisnis yang mengajarkan materi ini untuk tingkat S1 (sarjana). Selain itu, saat saya mencoba searching materi kuliah, baik itu buku maupun materi online hampir tidak menemukan materi yang spesifik tentang Manajemen Informasi Agribisnis. Yang agak mendekati paling materi Sistem Informasi Manajemen, itu banyak sumber informasinya. Namun tentu itu materi yang cukup umum dan biasanya untuk mahasiswa fakultas ekonomi atau lainnya.

Namun demikian, setelah mencari sana-sini, baca beberapa referensi dan tentu saja diskusi dengan rekan dosen tim pengampu mata kuliah ini, Alhamdulillah ternyata semakin menarik kejian mengenai mata kuliah ini. Manajemen Informasi Agribisnis atau biasa disingkat MIA, ternyata mata kuliah yang “kekinian”. Ya, memang saat saya kuliah MIA belum diajarkan, bahkan hingga saat ini pun beberapa program studi agribisnis belum mengajarkan mata kuliah ini. Namun di era informasi saat ini nampaknya ini mata kuliah penting dan perlu dikenalkan pada mahasiswa agribisnis.

Memang mata kuliah ini sudah biasa diajarkan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi misalnya. Namun ini hal baru untuk program studi agribisnis. Alhamdulillah, beruntung pada semester 1 mahasiswa sudah mendapatkan mata kuliah Teknologi Informasi dan Komputasi (TIK). Sehingga cukup menjadi dasar untuk Manajemen Informasi Agribisnis. Ya, karena di MIA mereka akan belajar bagaimana mengelola informasi dalam agribisnis untuk mendapatkan atau meningkatkan kinerja organisasi bisnis di bidang pertanian.

Pengertian

Secara etimologi, mata kuliah ini dari namanya terdiri dari 3 kata yaitu manajemen, informasi dan agribisnis. Manajemen sebagai suatu proses adalah kegiatan yang di lakukan untuk melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama guna mencapai tujuan bersama. Adapun informasi adalah data yang telah diproses sehingga mempunyai arti. Bagaimana dengan agribisnis?, kalua bagi mahasiswa agribisnis yang mendapat kuliah ini (mahasiswa semester 6) tentu harus sudah paham pengertian agribisnis. Agribisnis sebagai sebuah sistem dalam pertanian mulai dari penyediaan input produksi, proses produksi, pemasaran hingga jasa penunjang.

Jadi apa itu Manajemen Informasi Agribisnis (MIA)?. Menurut saya, manajemen informasi agribisnis adalah pengelolaan sistem informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan baik strategis maupun taktis dalam bidang agribisnis baik dari hulu maupun hilir mata rantai agribisnis. Kata informasi saya tambahkan dengan kata “system” karena mencakup juga teknologi informasi sebagai satu kesatuan dalam system informasi. Mengingat saat ini hampir semua informasi tersedia dan dikelola dalam basis teknologi informasi.

Tujuan Pembelajaran MIA

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan:

  1. Menguasai pengetahuan umum tentang konsep teknologi informasi untuk mengambil keputusan strategik dan operasional serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah dalam bidang agribisnis secara berkelanjutan
  2. Mampu memberikan alternatif solusi berdasarkan informasi dan data yang dapat dipertanggung-jawabkan secara egaliter
  3. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

Lain dari pada itu, output yang diharapkan dari mata kuliah ini bagi mahasiswa agribisnis adalah adanya ide atau gagasan mengenai penggunaan system informasi untuk memberikan solusi alternative permasalahan di bidang agribisnis, baik itu untuk kepentingan swasta/bisnis maupun untuk kepentingan publik.

Materi Perkuliahan

Berikut ini materi perkuliahan Manajemen Informasi Agribisnis (MIA) untuk mahasiswa semester 6 Prodi Agribisnis UMY tahun pelajaran 2016/2017. Terdiri dari 16 kali pertemuan yang meliputi uji kompetensi dan kuliah umum (kuliah penutup). Selain itu juga ada group project sebagai upaya untuk menggali kreatifitas mahasiswa dalam memahami persoalan di bidang agribisnis dan mencoba mencari alternative solusi mengunakan system informasi. Output dari group project ini bisa berupa gagasan, ide kreatif atau bahkan solusi praktis penggunaan system informasi untuk membantu memecahkan permasalahan di bidang agribisnis.

PERTEMUAN

MATERI PERKULIAHAN DAN PRAKTIKUM

1

Pengantar MIA dan Kontrak Kuliah

2

Era Informasi dan Peranan TI dalam Bisnis

3

E-Commerce : Pasar Digital, Barang Digital

4

Isu Sosial dan Etika dalam Masyarakat Informasi

5

Manajemen Basis Data I

6

Manajemen Basis Data II

7

Manajemen Basis Data III

8

Ujian Kompetensi I

9

Agribisnis dan TI: Permasalahan, Peluang, dan Tantangan

10

Survei Lapangan dan Studi Literatur

11

Penyusunan Makalah dan Konsultasi

12

Presentasi I

13

Presentasi II

14

Leaderless Group Discussion (LGD)

15

Ujian Kompetensi II

16

Kuliah Penutup

Referensi

Mengenai referensi atau text book yang menjadi acuan dalam kuliah Manajemen Informasi Agribisnis, mengingat buku yang spesifik tentang MIA belum ada, sebagian besar materi dari kuliah ini diambil dari Buku karya Laudon and Laudon tentang “Sistem Informasi Manajemen”, baik edisi asli Bahasa Inggris maupun edisi terjemahan Bahasa Indonesia. Untuk itu mahasiswa bisa mengacu pada buku tersebut sebagai bahan bacaan.

Ketiadaan referensi khusus tentang MIA ini selain sebuah kekurangan sebenarnya juga merupakan “peluang”. Ya peluang untuk membuat buku ajar Manajemen Informasi Agribisnis. Saya sendiri dan kolega di tim pengajar MIA Prodi Agribisnis UMY sepakat untuk mencoba merintis penulisan buku ini. Mohon doanya semoga bisa terwujud insya Allah.

Berikut ini beberapa bacaan yang direkomendasikan:

  1. Laudon and Laudon (2014). Management Information System: Managing Digital Firm. Global Edition. Pearson Education.Inc, New Jersey.
  2. Laudon dan Laudon (2015). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital Edisi 13. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

 

3 Comments on Manajemen Informasi Agribisnis (Pengantar) – 1st Lecture MIA 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*