Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Memilih Tempat Tinggal dan Menghitung Biaya Hidup Kuliah di Thailand – Blog Pak Her

Memilih Tempat Tinggal dan Menghitung Biaya Hidup Kuliah di Thailand

Bangkok City View (pict. by bbc.com)

Oleh: Heri Akhmadi, M.A

Tulisan Memilih Tempat Tinggal dan Menghitung Biaya Hidup Kuliah di Thailand ini merupakan lanjutan dari rangkaian tulisan “Seri Kuliah di Thailand”. Tulisan ini lahir juga dari pertanyaan para para pembaca dan umumnya teman-teman yang tertarik atau akan melanjutkan kuliah di Thailand. Pertanyaan yang sering ditanyakan biasanya adalah mengenai dimana dan bagaimana memilih tempat tinggal (apartemen sebutannya kalau di Thailand) selama kuliah di sana.

Lebih lanjut mengenai tulisan ini silakan baca lebih lengkap tentang Memilih Tempat Tinggal dan Menghitung Biaya Hidup Kuliah di Thailand” di blog saya yang saya dedikasikan mengenai “Kuliah di Thailand”. Termasuk dengan tulisan-tulisan saya mengenai “Kuliah di Luar Negeri”, khususnya di Thailand.

 

21 Comments on Memilih Tempat Tinggal dan Menghitung Biaya Hidup Kuliah di Thailand

  1. Assalamualaikum wr wb.. berdasarkan blog yg bapak buat, saya sangat tertarik ingin melanjutkan kuliah di thailand. impian saya ingin berkuliah dithailand sangat tinggi,dikarenakan universitas di thailand banyak yg top university in the world. sekirannya bapak bisa membagi pengalaman selama kuliah di chulalongkorn university. email saya : muhamaddicky1107@gmail.com terima kasih sebelumnya, sukses terus pak.

  2. mas heri, sy mau nanya kira2 kalo untuk biaya hidup normal sebulan berkisar berapa THB ya untuk makan, tempat tinggal, dan lain2nya?

  3. Seperti di tulisan saya, biaya hidup tergantung lifestyle masing-masing. Tapi standar normal (untuk Bangkok) menggunakan standar hidup di sana minimal 300 baht perhari. Kisarannnya sekitar 10 rb baht per bulan.

  4. Mas Heri, di atas mas Heri menyebutkan biaya hidup di Bangkok 10 rb bath per bulan, itu untuk biaya apa saja ya..? dan tahun berapa? Terima kasih

  5. Mas Naufal, 10rb baht per bulan itu perhitungan saya berdasarkan pengalaman hidup disana antara tahun 2013-2015. Dengan trend inflasi Thailand yang relatif kecil (1%-3% yoy), saya kira masih relevan saat ini. Kemungkinan naik pasti ada tapi masih tidak terlalu drastis seperti di Indonesia. KOmponen biayanya untuk sewa apartemen (dari 4500-6000, standar mahasiswa), makan, transportasi dan komunikasi sekitar 4000-5000. Anyway, tentu tergantung lifestyle masing-masing, tp sekali lagi sy menggunakan standar minimal mahasiswa. Dan ini juga kisah nyata saya ada teman yang kuliah bareng saya mulainya dan selesai belum lama ini (ambil Ph.D) dengan beasiswa “cuma” 10000/bulan Alhamdulillah bisa lulus…hehe

  6. assalamualaikum, pak ikut nimbrung ya, kl dirumah sakit thailan bahasa yg dipake english/thailan ya pak?
    kebetulan dr kampus ada program praktek farmasi klinis dirumah sakit thailand, kemudian untuk tulisan yg dipake disana apakah like as hanacara?

  7. Wa’alaikumsalam warahmatullah…Wah mba Ella ini mengingatkan saya pengalaman kelahiran anak saya yang pertama di Thailand. Kalau di Bangkok, tergantung rumah sakitnya ya. Kalau international hospital (ex: Bamrungrad Hospital, Phayatai Hospital) tentu menggunakan bahasa Inggris, meski juga bisa bahasa Thai. Tapi kalau rumah sakit lokal atau pemerintah umumnya menggunakan bahasa Thai, baik di percakapan maupun tanda/sign di gedung rumah sakitnya. MIsal pengalaman saya dulu di Ramathibodi Hospital, rumah sakit pendidikan pusat Fakultas Kedokteran Mahidol University hampir sebagian besar tanda/sign menggunakan bahasa Thai. Kcuali gedung yang baru, sudah bilingual. Untuk dokter umumnya bisa bahasa Inggris, karena umumnya mereka dosen dan lulusan kampus luar negeri. Untuk perawat, ada beberapa yang bisa bahasa Inggris tp kebanyakan hanya bisa bahasa Thai…hehe. Demikian jg untuk pegawai rumah sakit, satpam dll mostly mereka hanya bisa bahasa Thai. Ya itung-itung belajar gratis bahasa Thai…hehe

  8. Assalamualaikum mas saya mau bertanya banyak nih soal beasiswa di thailand yang di mahidol university apakah asramanya gratis kalau mendapatkan beasiswa?

  9. Pak Heri maaf ya saya mau tanya kalo misalkan ingin kuliah di Thailand rata” universitasnya mengunakan bahasa Inggris apa Thailand ya?

  10. Assalamualaikum Kak Heri
    Kak mau nanya, kemaren kakak ngambil jurusan s2 apa yah?
    Terus ada saran nggak kak, kalo semisalnya saya mau ngambil s2 komunikasi di thailand sebaiknya mempertimbangkan universitas apa saja?
    Terimakasih kak

  11. assalamu’alaikum pak Heri, saya sangat membutuhkan informasi dari pak Heri, kebetulan saya bekerja di Salah Kampus Negeri Pariwisata di Medan, dan sedang dalam proses pengiriman mahasiswa yang akan Magang di Salah satu hotel diBangkok,Hotel tersebut memberikan allowance 10 rb bath sebulan, hanya saja saya kesulitan mencari kosan untuk mahassiswa kami yang akan magang disana, beserta pengurusan Visa disana, mohon bantuannya Pak, jika berkenan saya meminta nomor hp pak Heri dan saya lampirkan alamat email saya pak, Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Teerima kasih.
    syahfitrinova@gmail.com

  12. Wa’alaikumsalam warahmatullah…Mas Kevin, sy dulu ambil Bisnis Manajemen di Chula (MABE Program). Di Chula ada Faculty of Comunication Arts, dulu ada teman jg yang satu angkatan ambil jurusan itu. Kalau mau ambil komunikasi bisa di Chula atau Thammasat University.

  13. Siska, itu tergantung programnya. Kalau reguler mosthly in Thai language. Kalau sudah international program umumnya bahasa Inggris atau bahasa dari program itu. Misal sastra Prancis bisa dg bahasa prancis selain inggris.

  14. Mba Wini, saya bukan alumni Mahidol jadi tidak begitu tahu mengenai dorm/asrama mahasiswa di sana. Tapi dari info teman saya yang kuliah di sana setahu sj tetap bayar, meski dipotong dari livingcost beasiswa.

  15. Terima kasih banyak kak atas informasinya
    Oh yah, karena kak Heri ada teman yang pernah mengambil Faculty of Comunication Arts di Chula, bolehkah saya meminta kontak beliau (whatsapp, line, no telepon atau email) untuk sekadar bertanya-tanya seputar rencana studi saya dan menjalin silaturahmi dengan beliau. Jika kak Heri memiliki kontak beliau dan berkenan membagikannya pada saya, tolong kirimkan di email saya kak : killvingeranium@gmail.com

  16. Selamat sore kak… saya kebetulan diterima di beasiswa ASEAN seperti kakak. Kira-kira saya boleh dibantu rekomendasi tempat tinggal di sana Kak? Saya sama sekali belum pernah ke thailand, jadi agak was was. Email saya di rosalinamely@gmail.com Terimakasih banyak Kak, mohon bantuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*