Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Meraih “Akreditasi A”, Agribisnis UMY Semakin Mantap Menatap Masa Depan – Blog Pak Heri

Meraih “Akreditasi A”, Agribisnis UMY Semakin Mantap Menatap Masa Depan

Tahun 2017 merupakan tahun istimewa bagi segenap civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Selain terpilihnya salah satu dosen terbaik fakultas ini yaitu Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP. menjadi orang nomor satu di kampus ini (sebagai rektor), khusus bagi keluarga besar Program Studi Agribisnis kebahagian ini menjadi semakin lengkap dengan diraihnya predikat “Akreditasi A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tingi yaitu berdasarkan SK nomor 3031/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 yang keluar di penghujung tahun dan dipublikasikan di website BAN PT pada awal Januari 2017 kemarin.

Perjuangan panjang tim Task Force Akreditasi dan segenap dosen maupun karyawan untuk menyusun borang dan melengkapi segala persyaratan terbayar sudah. Kelelahan, ketegangan dan kepenatan berbulan-bulan seolah langsung sirna. Syukur Alhamdulillah tiada lupa dipanjatkan kehadirat Illahhi yang tentu menjadi penentu prestasi ini.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat sejak berdiri tahun 1986 silam, setelah 30 tahun penantian akhirnya bisa mencapai level paling tinggi untuk prestasi suatu institusi program studi perguruan tinggi. Setidaknya secara kualitas sudah disejajarkan dengan prodi agribisnis lainnya yang sudah mendapat akreditasi A seperti UGM atau IPB. Setidaknya dari 200 program studi agribisnis yang terdaftar akreditasinya di website BAN PT, hanya ada 18 program studi agribisnis yang sudah berakreditasi A atau kurang dari 10%. Ini tentu sebuah prestasi yang patut disyukuri.

Pengumuman Akreditasi A Prodi Agribisnis UMY di website BAN PT

By the way, memperoleh predikat Akreditasi A tentu tidak sekedar disikapi dengan gembira bahkan berpesta. Atau cukup berhenti disini dan berleha-leha sambil menungu 5 tahun ke depan akreditasi lagi. Akreditasi A artinya “orang lain” sudah menilai posisi kita dengan standar A, standar atas kalau boleh dikata. Hal ini tentu bukan sekedar SK, tapi harus dibuktikan dengan kerja nyata. Dibuktikan dalam karya dan prestasi, baik itu dosen, karyawan maupun mahasiswanya.

Setidaknya hal yang pertama perlu dilakukan adalah merubah mindset civitas akademika. Seluruh civitas prodi Agribisnis UMY harus bisa move on, bahwa saat ini sudah masuk “kelas atas”. Oleh karena itu maka cara berfikir, bertindak bahkan berbicara pun harus menyesuaikan. Perubahan ini merupakan hal yang paling bisa dilakukan saat ini juga dan oleh siapa saja anggota civitas akademika. Karena kalau merubah fasilitas, sarana dan hal lain seperti kualitas SDM dan penelitian tentu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak mudah bisa langsung dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Namun demikian, merubah mindset ini mungkin tidak semudah itu juga dilakukan. Kondisi selama 30 tahun sebelumnya tentu bukan waktu yang singkat untuk dirubah dalam waktu sesaat. Namun tentu tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dan tentu diiringi doa pada Yang Maha Kuasa.

Itulah PR lanjutan dari “Akreditasi A” ini bagi seluruh civitas akademika Agribisnis UMY. Bahwa predikat A ini bukanlah akhir dari segalanya, tapi justru inilah awalan bagi semua pihak untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Setidaknya dengan prestasi ini langkah kita menjadi lebih mantap, percaya diri semakin tinggi dan semakin yakin menatap masa depan…insyaAllah.

 

2 Comments on Meraih “Akreditasi A”, Agribisnis UMY Semakin Mantap Menatap Masa Depan

  1. Hi there! I know ths is kinda off topic but I was wondering whihh site platform are you using for this
    website? Im getting sick and tired of WordPress because
    Ive had issues with hackers and Im looking at alternaztives for another
    platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*