Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Pengantar dan Teori Konseling – 2nd Lecture Teknik Konseling – Heri Akhmadi

Pengantar dan Teori Konseling – 2nd Lecture Teknik Konseling

Pict by thamesnutrition.com

Oleh: Heri Akhmadi, S.P., M.A.

Mata kuliah Teknik Konseling dan Analisis Problem Solving (TKAP) atau bisa cukup disebut dengan Teknik Konseling merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Agribisnis UMY semester 6. Latar belakang dari adanya mata kuliah ini adalah untuk memehuhi tuntutan kompetensi bagi lulusan prodi agribisnis dimana salah satunya adalah kompetensi menjadi seorang konsultan. Untuk itu,mata kuliah ini diharapkan dapat menjadi salah satu bekal bagi mahasiswa dalam memenuhi kompetensinya.

Lain dari pada itu, berkaitan dengan nama mata kuliah ini, saya sendiri mempunyai pendapat lain. Yaitu bahwa jika tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi seorang konsultan, maka yang lebih tepat mata kuliah ini dinamai “Teknik Konsultansi”, karena ada perbedaan definisi antara konseling dan konsultansi. Konseling umumnya di dunia pendidikan, dan orang yang berprofesi disebut konselor. Sedangkan konsultansi adalah praktik pendampingan bagi kegiatan usaha/bisnis, dimana konsultan adalah profesinya. Jadi, sesuai dengan tujuan dan latar belakang mata kuliah ini, maka menurut hemat saya lebih tepat dinamai dengan “Teknik Konsultansi”. Namun demikian, mengingat secara resmi masih menggunakan nama Teknik Konseling, untuk sementara tetap menggunakan nama ini.

Mata kuliah ini terdiri dari 3 SKS (Satuan Kredit Semester), tepatnya dengan formasi 2/1 yaitu 2 SKS kuliah dan 1 SKS praktikum. Praktikum ada yang dilaksanakan di kelas maupun di lapangan (pengambilan data). Output dari praktikum selain untuk memahami aplikasi teori di lapangan adalah sebagai bahan pembanding manakala mahasiswa merancang sebuah usaha konsultasi di bidang agribisnis.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan dari kuliah ini adalah untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana praktek konsultasi dan memberi stimulan (bekal) sebagai seorang konsultan khususnya di bidang agribisns.Outputnya adalah terpenuhinya kompetensi sebagai seorang konsultan dan memahami praktek konsultasi, sehingga pada tataran lebih lanjut mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu yang di dapat dalam kegiatan jasa konsultasi.

Materi Perkuliahan

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, mata kuliah Teknik Konseling dengan formasi 2/1 berupa 2 SKS kuliah dan 1 SKS praktikum. Kegiatan praktikum ada yang dilaksanakan di kelas setelah kuliah, ada juga yang dilaksanakan di lapangan. Selain itu ada tugas terstruktur dan juga quiz yang dilaksanakan secara insidental. Dan tentunya evaluasi melalui uji kompetensi.

Secara rinci rencana pertemuan dan materi kuliah adalah sebagai berikut:

PERTEMUAN MATERI PERKULIAHAN DAN PRAKTIKUM
1 Pengenalan Mata kuliah dan Kontrak Kuliah
2 Pengantar dan Teori Konseling
3 Prinsip dan Tahapan-tahapan dalam konseling
4 Mengenal Lembaga Konsultan
5 Permasalahan Klien dalam Agribisnis
6 Identifikasi Permasalahan Klien dalam Agribisnis
7 Tahapan dalam Penyelesaian Masalah Klien Agribisnis
8 Ujian Kompetensi I (Presentasi)
9 Memahami Masalah dalam Konsultasi Agribisnis
10 Tahapan dalam PemecahanMasalah
11 Strategi Problem Solving dalam Agroindustri
12 Penyusunan Kontrak Kerja Konsultan (Kerangka Acuan Kerja)
13 Menyusun profil dan konsep lembaga konsultan
14 Ujian Kompetensi II (Presentasi)
15 Ujian Kompetensi II (Presentasi)
16 Kuliah Penutup

 

Pengertian Konseling

Secara Etimologi Konseling berasal dari bahasa Latin “consilium“  artinya “dengan” atau bersama” yang dirangkai dengan “menerima atau “memahami”. Konseling bukan hanya proses pembelajaran individu akan tetapi juga merupakan aktifitas sosial yang memiliki makna sosial. Orang sering kali menggunakan jasa konseling ketika berada di titik transisi, seperti dari anak menjadi orang dewasa, menikah ke perceraian, keinginan untuk berobat dan lain-lain (Mc. Leod, 2010).

Dalam pengertian lain, konseling dapat berarti:

  • Proses pemberian bantuan yang dilakukan seorang ahli (disebut Konselor) kepada individu yang sedangmengalamimasalah (disebutklien) yang bermuarapadateratasinyamasalah yang dialamiolehklien.
  • Konseling adalah usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggungjawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus. Dengan kata lain, teratasinya masalah yang dihadapi oleh konseli/klien.
  • Konseling merupakan suatu proses bantuan secara profesional antara konselor dan klien yang bertujuan membantu individu ( klien ) dalam memecahkan masalahnya agar individu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sesuai potensi atau kemampuan yang ada pada dirinya.

Profesi Konseling

Setidaknya ada 4 profesi dalam dunia konseling, yaitu:

  1. Konselor

Konselor bergerak terutama dalam konseling di bidang pendidikan, tapi juga merambah pada bidang industri dan organisasi, penanganan korban bencana, dan konseling secara umum di masyarakat

  1. Konsultan

Seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa konsultasi yang merupakan ahli dalam bidang keahliannya, misalnya akuntansilingkungan, pertanian, hukum, dan lain-lain.

  1. Psikiater

Profesi dokterspesialis yang bertugas menangani masalah-masalah gangguan jiwa. Gelar akademik seorang psikiater di Indonesia adalah Sp.KJ (Spesialis Kedokteran Jiwa).

  1. Psikolog

Psikolog menganalisa perilaku dalam upaya untuk memahami karakter individu maupun kelompok. Lebih sederhananya, bila seorang dokter dekat dengan masalah kesehatan fisik, maka segala hal yang terkait dengan perilaku manusia merupakan hal yang dipelajari oleh seorang psikolog

.

Tugas 1:

Tugas 1 ini ditujukan untuk memahami materi  “Teori Konseling”. Adapun detailnya adalah sebagai berikut:

  • Buatlah rangkuman mengenai teori-teori dalam konseling. Ambil minimal 5 teori konseling yang menurut kalian paling penting dan sertakan alasannya.
  • Posting tulisan tersebut di blog masing-masing.
  • Copy link tugas ini pada kolom komentar di bawah ini
  • Jangan lupa cantumkan NAMA dan NIM.
  • Due date: Jumat, 10 Maret 2017 Pukul 07.00 WIB

Note: Tugas 1 ini sama dengan yang sudah di upload di e learning. Hanya diposting ulang saja di blog masing-masing.

Referensi

Berikut ini beberapa bacaan yang direkomendasikan:

  1. McLeod, John. 2010. Pengantar Konseling, Teori dan Studi Kasus, Edisi III, Kencana Prenada Media Group. Jakarta
  2. Suhartini, dkk. 2009. Model Model Pemberdayaan Masyarakat, Edisi 3. PustakaPesantren. Yogjakarta
  3. Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal
  4. Hardjito, D. 2003. Pemecahan masalah Analitik, Prenada. Jakarta
  5. Kusuma, Y. 2010. Creative Problem Solving. Jelajah Nusa, Tangerang.
  6. Wilson, G. 1999. Problem Solving and Decsion Making, Gramedia. Jakarta

46 Comments on Pengantar dan Teori Konseling – 2nd Lecture Teknik Konseling

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*