Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Praktikum Lapang dan Tugas Mandiri MK. Teknik Konseling Kelas D Agri UMY 2014 – Blog Pak Heri

Praktikum Lapang dan Tugas Mandiri MK. Teknik Konseling Kelas D Agri UMY 2014

Pict by theresourcefulceo.com

Praktikum Lapang: Identifikasi Peluang Jasa Konsultansi Pertanian

Bahwa dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang praktek kegiatan/jasa konsultansi, Mata Kuliah Teknik Konseling dan Analisis Problem Solving kembali mengadakan praktikum lapang. Kegiatan praktikum lapang ini dilakukan dengan wawancara bersama pelaku jasa konsultansi dan telaah pustaka (literature review). Dengan kegiatan praktikum ini diharapkan mahasiswa mampu memahami praktek jasa konsultansi dan pada akhirnya mempunyai gambaran kerja sebagai konsultan atau praktek perusahaan jasa konsultansi.

Kegiatan praktikum ini dilakukan secara kelompok terdiri dari 3 sampai 4 orang mahasiswa per kelompok. Selanjutnya disusun laporan praktikum dan dipresentasikan di kelas. Secara detail mengenai tujuan praktikum, teknis pelaksanaan dan penyusunan laporan bisa dilihat/didownload di website e-learning Fakultas Pertanian.

Tugas Mandiri:

Salah satu topik kuliah Teknik Konseling adalah mengenai praktek konsultansi di bidang lingkungan. Praktek konsultansi di bidang lingkungan ini menjadi penting khususnya di bidang pertanian salah satunya dengan digulirkannya praktek pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture). Praktek pertanian berkelanjutan erat kaitannya dengan pengelolaan lingkungan sekitar. Untuk itu pemahaman mengenai mengenai isu lingkungan menjadi penting bagi mereka yang berkecimpung di dunia konsultansi.

Salah satu yang harus dipahami kaitannya dengan isu lingkungan adalah pemahaman mengenai standar pengelolaan lingkungan. Secara internasional, standar pengelolaan lingkungan yang cukup dikenal adalah penerapan ISO 14000 dengan segala variannya. Mulai dari ISO 14001 tentang Environmental Management System (EMS) hingga yang terbaru ISO 14001:2015 yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization pada Bulan September 2015.

Mengingat banyaknya materi mengenai standar pengelolaan lingkungan yang terangkum di ISO 14000, maka untuk lebih memahamkan lagi dipandang perlu untuk menugaskan mahasiswa (tugas mandiri) memahami lanjut tentang isu ini. Adapun mengenai detail tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah essay mengenai “ISO 14OOO dan perannya dalam standardisasi pengelolaan pertanian yang ramah lingkungan”.
  2. Tulis di Blog masing-masing, minimal 1000 kata.
  3. Jika ada kutipan dari tulisan lain, harap dicantumkan sumbernya. Penulisan referensi mengacu pada penulisan ilmiah. Akan ada random check tentang similarity index dengan aplikasi turnitin.
  4. Kirim link artikel ke “comment space” dibawah ini.
  5. Deadline: Kamis, 18 Mei 2017 pukul 07.00 Wib.

 

8 Comments on Praktikum Lapang dan Tugas Mandiri MK. Teknik Konseling Kelas D Agri UMY 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*