Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Tugas Akhir MK. Teknik Konseling – Heri Akhmadi

Tugas Akhir MK. Teknik Konseling

Pict. by www.manjemedia.com

Berikut ini term of reference (TOR) Tugas Akhir Mata Kuliah Teknik Konseling dan Analisis Problem Solving untuk mahasiswa semester 6 2014.

Tujuan Kegiatan:

  1. Mahasiswa mampu memahami kompetensi sebagai seorang konsultan
  2. Mahasiswa mampu memahami pendirian dan pengelolaan lembaga/perusahaan jasa konsultansi
  3. Sebagai bahan evaluasi akhir mata kuliah (Uji Kompetensi II)

 Teknis Kegiatan

  1. Mahasiswa dibagi ke dalam 8 kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang dan bertindak atas nama tim untuk membuat sebuah lembaga/perusahaan jasa konsultansi
  2. Setiap kelompok mendapat tugas untuk menyusun COMPANY PROFILE dan membuat aplikasi penawaran jasa konsultansi kepada klien potensial sesuai dengan core bisnis perusahaan (fokus bidang konsultansinya)
  3. Proses penyusunan company profile dikerjakan oleh masing-masing kelompok dengan melibatkan semua anggota tim (team work)
  4. Setiap anggota tim adalah laksana tim management dari perusahaan. Posisi dan penempatan anggota tim disesuaikan dengan struktur organisasi dari perusahaan yang dibentuk. Misalnya: direktur utama, sekretaris eksekutif, senior consultant, dll.
  5. Selanjutnya tiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di di kelas.

Format Company Profile

Laporan Tugas Akhir ditulis dalam kertas ukuran A4 10-15 halaman (jenis dan ukuran font bebas, menyesuaikan desain) dan serta mengikuti sistematika urutan sebagai berikut :

 

HALAMAN SAMPUL

Judul dibuat singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran profil perusahaan jasa konsultansinya. Mahasiswa dibebaskan untuk mendesain judul sesuai dengan profil perusahaan.

Contoh:

PT. EGRO INDONESIA

Agricultural Marketing Consulting

Company Profile

DAFTAR ISI

Berisi poin-poin yang ada dalam company profile disertai keterangan halaman. Termasuk dalam daftar ini adalah dari bagian ringkasan hingga daftar pustaka (jika ada) dan lampiran.

RINGKASAN (maksimal satu halaman)

Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat profil perusahaan, bisa berupa latar belakang pendirian, cakupan jasa konsultansi dan pengalaman selama ini.

PROFIL PERUSAHAAN

  • Visi dan Misi

Tuliskan visi dan misi perusahaan. Visi adalah gambaran capaian perusahaan di masa depan. Visi harus jelas, terukur dan disebutkan kapan harapan tercapainya (sebutkan tahunnya). Misi adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapa visi perusahaan

  • Fokus Bisnis

Jelaskan fokus bisnis yang dilakukan oleh perusahaan saat ini.

Contoh:

PT. EGRO INDONESIA sebagai konsultan dalam bidang agribisnis menawarkan jasa konsultansi terpadu bagi pelaku usaha dan organisasi baik swasta maupun pemerintah yang meliputi:

  1. Studi kelayakan dan perencanaan bisnis
  2. Assesment, perencanaan dan pengembanagn usaha agribisnis
  3. Penanganan dan pengelolaan limbah pertanian
  4. Pengembangan lahan konservasi
  5. Pengelolaan air dan lingkungan pertanian
  6. Pendampingan Pemasaran dan ekspor produk pertanian
  • Manajemen

Jelaskan siapa pengelola dan struktur organisaai dari pegelola/manajemen perusahaan mulai dari yang paling tinggi (missal: CEO), sampai yang paling rendah (missal: Junior Consultant). Termasuk disini adalah penjelasan dari tugas dan tanggung jawab manajemen.

PENGALAMAN PEMBERIAN JASA KONSULTANSI

  • Identitas Klien

Jelaskan perusahaan klien yang pernah mendapatkan jasa konsultansi meliputi: nama perusahaan, alamat, problem yang dihadapi dan saran dari proses konsultansi yang dilakukan oleh perusahaan hingga selesai. (GUNAKAN INFORMASI PADA LAPORAN PRAKTIKUM TERAKHIR).

  • Nilai dan Durasi Project

Jelaskan nilai (nominal dalam rupiah) dan durasi project yang pernah ditangani.

CONTACT US

Tuliskan alamat perusahaan, meliputi alamat kantor, nomor telepon, email, website dan contact person yang bisa dihubungi.

NOTE:

Selain poin-poin diatas, mahasiswa diperbolehkan menambahkan informasi lainnya jika diperlukan seperti lampiran dokumentasi, brosur dan lain-lain.

 

PRESENTASI:

Adapun mengenai presentasi, sebagaimana sudah diinformasikan saat kuliah, company profile yang dibuat selanjutnya dipresentasikan di depan kelas. Kegiatan presentasi ini adalah layaknya perusahaan klien mempresentasikan jasa konsultansinya ke klien potensial. Bertindan sebagai klien potensial adalah tim penguji (dosen dan asisten dosen).

Pada saat suatu kelompok melakukan presentasi, kelompok lain diwajibkan untuk mengikuti tanpa bertanya. Hal ini sebagai sarana untuk melakukan benchmarking terhadap company profile yang dibuat.

PENILAIAN

Penilaian meliputi:

  1. Laporan (company profile): 30%
  2. Presentasi (Kemampuan menyampaikan ide dan meyakinkan klien): 50%
  3. Performance (Costume, PPT):20%

2 Comments on Tugas Akhir MK. Teknik Konseling

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*